Bersihkan Sistem Ducting Pada AC Central Dengan Varda IAQn indo

Varda Environment Solution

August 2 2017

AC pada dewasa ini tidak hanya berfungsi sebagai alat elektronik pendingin ruangan saja. Makin lama kebutuhan akan udara yang bersih makin dibutuhkan oleh manusia terutama yang hidup di perkotaan. Udara yang makin tercemar dengan polusi di mana-mana, rendahnya tingkat penghijauan bisa berbahaya bagi kesehatan Anda karena kualitas udara yang dihirup makin menurun. Karena itu para brand pembuat perabotan elektronik kini gencar mengeluarkan produk AC yang bisa mengeluarkan udara yang sejuk dan juga berfungsi sebagai filter untuk menyaring udara yang kualitas buruk, dipenuhi dengan polusi, bakteri, virus, dan zat tidak sehat lainnya, kemudian dihembuskan kembali ke ruangan dalam keadaan yang bersih dan menyegarkan.

Bagi Anda yang menggunakan sistem AC central, udara dingin dan bersih yang Anda rasakan di ruangan-ruangan lain disalurkan oleh pipa saluran-saluran atau yang disebut dengan sistem ducting. Seiring berjalannya waktu, di dalam pipa-pipa saluran tersebut tentu akan ada kotoran dan debu yang lama kelamaan akan menumpuk. Apabila kotoran dan debu tersebut tidak dibersihkan, akan menimbulkan resiko pada udara yang Anda hirup, karena udara menjadi terkontaminasi kotoran dan sdebu, serta menjadi sumber penyakit. Para profesional menyarankan air duct Anda dibersihkan rutin setiap 2 hingga 5 tahun sekali, tergantung dari kondisi lingkungan tempat Anda tinggal, seberapa sering Anda menggunakan sistem AC central, dan apakah ada anggota keluarga atau personil yang punya masalah pernafasan seperti asma atau alergi.

Masih banyak orang yang ragu untuk melakukan pembersihan pada sistem ducting karena beberapa hal, salah satunya adalah merasa bahwa kualitas udara yang dihirup masih baik-baik saja. Namun apabila di lingkungan Anda terdapat hal-hal di bawah ini maka sudah saatnya untuk memperhatikan kebersihan air duct Anda:

  1. Ada anggota keluarga atau karyawan di kantor Anda yang punya alergi? Mereka yang punya kondisi alergi atau asma akan lebih sensitif dengan kualitas udara yang buruk dibandingkan yang normal. Begitu juga dengan balita, menghirup udara yang kotor bisa memicu terjadinya alergi dan gangguan pernafasan lainnya.
  2. Lingkungan yang lembab. Apabila saluran ducting AC Central dibangun pada lingkungan yang lembab, maka resiko bakteri berkembang akan makin besar dan membahayakan kualitas udara.
  3. Debu dan kotoran yang menumpuk. Lantai yang tidak disapu seminggu saja sudah terlihat lapisan debunya, bayangkan saluran udara yang bertahun-tahun menyaring udara yang penuh dengan debu, kadang kemasukan bulu hewan peliharaan atau rambut manusia, serta karpet dan sebagainya.

Untuk jasa pembersihan sistem ducting yang terpercaya dan sudah ahli di bidangnya, percayakan kepada Varda Indoor Air Quality (IAQ) Air Duct Cleaning Service. Varda IAQ menggunakan teknologi yang didatangkan dari Finlandia untuk membersihkan sistem ducting Anda hingga tuntas, sehingga Anda tidak perlu mengganti sistem ducting dengan yang baru. Varda menggunakan teknologi robot untuk memonitor proses pembersihan yang menggunakan vakum berukuran besar untuk memastikan semua bagian sistem dibersihkan dengan sempurna. Bahan kimia yang digunakan juga bahan yang ramah lingkungan dan tidak berbahaya bagi manusia maupun bagi alam. Jangan sampai Anda membahayakan keamanan udara di sekeliling Anda, segera bersihkan sistem ducting dengan menggunakan jasa Varda IAQ.